Pelajari Perbedaan 7 Kata Bahasa Inggris Ini agar Tidak Bingung Lagi

Dalam Bahasa Inggris, ada beberapa kelas kata yang membingungkan. Biasanya disebut dengan confusing words. Tak hanya kata kerja dan kata sifat. Bisa sesama kata kerja, sesama kata benda, dan masih banyak lagi. Ada kata apa saja ya?

Yuk, simak artikel berikut!

1. Affect & Effect

Ada yang bisa tebak mana yang kata kerja? Apakah affect atau effect? Yup, affect. Affect artinya memberi dampak kepada seseorang atau sesuatu, sedangkan effect adalah kata benda (noun) yang memiliki arti sebagai dampak yang ditimbulkan oleh seseorang atau sesuatu.

Contoh:

  • The article might affect to their readers. (Artikel itu mungkin memberi dampak terhadap pembacanya)

  • The effect of constantly reading makes you improve your English. (Dampak dari membaca buku secara konsisten dapat meningkatkan kemampuan Bahasa Inggrismu)

2. Beside & Besides

Kalau dua kata ini bagaimana nih? Sama-sama untuk preposisi (preposition), yaitu kata penghubung yang diletakkan sebelum kata benda untuk menunjukkan posisi, arah, waktu, tempat, dan sebagainya. Masih ingat ya? Nah, walaupun keduanya memiliki kata yang sama, namun fungsinya tentu berbeda. Jika Beside adalah preposisi untuk menunjukkan lokasi seseorang atau sesuatu. Besides adalah preposisi sebagai tambahan informasi.  

Contoh:

  • Besides working as a writer, I also work as an editor. (Selain bekerja sebagai penulis, aku juga bekerja sebagai editor)

  • My cat sleeps beside my bed. (Kucingku tidur di samping tempat tidurku)

3. Injured & Wounded

Keduanya sama-sama memiliki arti terluka dan sama-sama kata sifat (adjective). Namun, perbedaan secara detailnya apa ya? Kalau kamu sedang bermain dan kamu terjatuh, kamu bisa menggunakan injured, alih-alih menggunakan wounded. Karena wounded memiliki arti terluka yang disebabkan oleh senjata. Biasanya terjadi saat berperang.

Bayangkan jika kamu terluka saat berolahraga, kamu malah mengatakan “I’m wounded while jogging”. Wah, terkesan berlebihan sekali. Yang benar adalah “I’m injured while jogging”. Cukup mudah bukan?

4. Possibility & Chance

Selanjutnya adalah kesempatan. Yup, dalam Bahasa Indonesia, keduanya memiliki arti kesempatan dan termasuk dalam kata benda (noun). Apa ya yang membedakan? Jika possibility memiliki arti sesuatu dapat terjadi, namun bisa juga tak terjadi, chance memiliki arti sesuatu yang kamu inginkan, kemungkinan besar akan terjadi. Jadi, jika kamu memiliki peluang kemungkinan tersebut akan terjadi, kamu bisa menggunakan chance.

Contoh:

  • This is my chance to continue my study. (Ini adalah kesempatanku untuk dapat melanjutkan studi) Dalam hal ini, mungkin kamu sudah belajar terus-menerus atau sudah memiliki persiapan yang matang, sehingga kamu memiliki peluang lebih besar untuk lanjut studi.

5. Process & Procession

Lanjut ke proses, yang satu adalah process dan yang satunya lagi adalah procession. Sama-sama termasuk ke dalam kata beda (noun). Process adalah sesuatu yang sedang dilakukan atau sudah dilakukan untuk mencapai hasil yang diinginkan. Sedangkan procession adalah barisan orang dan kendaraan yang berjalan dengan perlahan sebagai bagian dari upacara. Contohnya adalah upacara kematian atau a funeral procession.

6. Remember & Remind

Kata yang satu ini juga memiliki kemiripan loh. Termasuk ke dalam kata kerja (verb). Jika remember memiliki arti mengingat, remind memiliki arti mengingatkan. Keduanya sudah tak asing di telinga bukan? Kamu pasti sering menggunakan kedua kata kerja ini ya? Apalagi ketika kamu mengingatkan seseorang sebagai bentuk perhatian.

7. Shortly & Briefly

Sering tertukar dengan penggunaan kedua kata keterangan (adverb) ini? Keduanya memiliki arti yang sama, yaitu waktu yang singkat. Yup, untuk mempersingkat waktu. Namun, shortly digunakan memang untuk menunjukkan hal yang relevan dengan waktu. Sedangkan briefly digunakan pada saat berbicara dan tidak berhubungan dengan waktu.

Contoh:

  • She arrived shortly after me. (Ia sudah tiba sesaat setelahku)

  • Let me tell you briefly what happened about last nigt. (Sini, aku beri tahu secara singkat mengenai kejadian tadi malam)


Itu dia perbedaan kata dalam Bahasa Inggris yang sering membuat bingung. Ada yang memiliki kesamaan penyebutan, namun beda arti. Ada juga yang memiliki persamaan kelas kata, namun beda arti. Ada juga yang memiliki arti hampir mirip, tapi penggunaannya beda. Cukup bervariasi bukan? Hati-hati jangan sampai tertukar ya. Selain tujuh kata tadi, adalagi yang kamu tahu?

sumber: https://www.ef.co.id/englishfirst/kids/blog/pelajari-perbedaan-7-kata-bahasa-inggris-ini-agar-tidak-bingung-lagi/

Polling

Bagaimana pendapat anda mengenai web sekolah kami?

View Results

Loading ... Loading ...

Pengunjung

User Online: 0

Today Visitors: 0

Today Visits: 0

Total Visitors: 1717

Total Visits: 2559